Ki Hadjar Dewantara

Merdeka tidak berarti bebas dari perintah paksaan orang lain, tetapi berarti pula siap sedia, sanggup serta mampu untuk mewujudkan hidup sendiri lahir dan batin dengan kekuatan sendiri.
― Ki Hadjar Dewantara

Kemerdekaan (zelfbeschikkingsrecht) merupakan landasan pokok dan menjadi syarat mutlak untuk melakukan pendidikan.
― Ki Hadjar Dewantara

Sekiranya aku seorang Belanda, aku tidak akan menyelenggarakan pesta-pesta kemerdekaan di negeri yang telah kita rampas sendiri kemerdekaannya. Sejajar dengan jalan pikiran itu, bukan saja tidak adil, tetapi juga tidak pantas untuk menyuruh si inlander memberikan sumbangan untuk dana perayaan itu. Ide untuk menyelenggaraan perayaan itu saja sudah menghina mereka, dan sekarang kita keruk pula kantongnya. Ayo teruskan saja penghinaan lahir dan batin itu! Kalau aku seorang Belanda, hal yang terutama menyinggung perasaanku dan kawan-kawan sebangsaku ialah kenyataan bahwa inlander diharuskan ikut mengongkosi suatu kegiatan yang tidak ada kepentingan sedikit pun baginya.
― Ki Hadjar Dewantara

Sumber:

Kutipan 1. Ki Hadjar Dewantara, Dari Kebangkitan Nasional Sampai Proklamasi Kemerdekaan, Penerbit Endang Jakarta, 1952, hl. 59-60, Peringatan hari Kebangkitan Nasional di masa pendudukan Belanda, yaitu 20 Mei 1949, yang disiarkan oleh P.P.I di Yogyakarta. Kutipan diambil dari tulisan Kebangsaan, situs asiswanto.net.

Kutipan 2. Ki Hadjar Dewantara, Pendidikan, (Jogjakarta: Madjelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 1962), hlm.266. Diambil dari buku Haryati, S.Pd.MSI, Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara: Studi Tentang Sistem Among Dalam Proses Pendidikan, hlm. 30. Google Books: Haryati, S.Pd.MSI, Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara: Studi Tentang Sistem Among Dalam Proses Pendidikan.

Kutipan 3. Ki Hadjar Dewantara, “Seandainya Aku Seorang Belanda” (judul asli: "Als ik een Nederlander was"), dimuat dalam surat kabar De Expres pimpinan DD, 13 Juli 1913. Kutipan diambil dari Wikipedia: Ki Hadjar Dewantara.

Lihat profil Ki Hadjar Dewantara.

Comments

Popular Posts